Pengolahan sampah dan pembuatan Komposter serta pembuatan Bank sampah, pengolahan biogas dan septictank bekerjasama dengan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Karimun ini rencananya akan dilaksanakan tahun 2018 mengingat limbah dari Rutan yang belum bisa dikelola secara maksimal.

Dengan adanya Pengolahan Sampah dan Pembuatan Komposter  ini diharapkan dapat menjadikan limbah hasil Rutan Karimun menjadi lebih bermanfaat, terutama bisa digunakan untuk program pembinaan warga binaan yang ditugaskan mengelola perkebunan di brand gang rutan karimun yang saat ini sudah dilaksanakan.

Secara umum ada 2 macam jenis pengelompokan sampah yaitu sampah organik dan sampah anorganik. Sampah anorganik umumnya dalam bentuk plastik, karet, dan bahan lainnya. Pengolahan sampahnya bisa didaur ulang untuk menjadi barang baru lagi.

Ada hal yang menarik, di dalam Rutan Karimun, warga binaan mampu menghasilkan barang kerajinan yang dibuat dari bahan-bahan sampah anorganik, idenya kreatif. Untuk memfasilitasi hal ini maka kami membangun galeri karya warga binaan.

Sementara untuk sampah organik seperti daun gugur, sampah dari sisa pertanian, sampah dari sayuran dapur, dan jenis sampah organik lainnya. Bisa diolah sendiri oleh masyarakat menjadi pupuk kompos, yang tentunya akan memberikan manfaat yang lebih kepada Rutan Karimun khususnya, dan masyarakat sekitar pada umumnya.

Bagaimanakah cara membuat pupuk kompos yang baik?  kami bekerja sama Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Karimun yang telah mempunyai kapasitas dan pengalaman dalam pengolahan sampah.