Pengolahan sampah plastik menjadi bijih plastik yang bernilai ekonomis. Sampah botol, gelas dan jenis plastik lainnya bisa didaur ulang dan ternyata bisa menghasilkan sesuatu yang bernilai ekonomis.

Ada 4 Tahap Proses Pengolahan Plastik
  1. Pengumpulan botol, gelas dan plastik lainnya, botol atau gelas plastik dikumpulkan dari pemulung, limbah rutan dan warga sekitar yang setiap harinya.
  2. Penyortiran dilakukan setelah sampah plastik dikumpulkan lalu dipisahkan supaya warna tidak tercampur saat proses penggilingan.
  3. Penggilingan, Setelah itu dilakukan penyortiran lalu dilakukan proses penggilingan menggunakan mesin supaya sampah plastik menjadi bentuk ukuran kecil atau dikenal dengan sebutan biji plastik. Sampah kemasan plastik tersebut dimasukan ke dalan mesin dengan campuran air bersih supaya menjadi sampah yang lembut dan bersih.
  4. Penjemuran,Penjemuran dilakukan setelah proses penggilingan dan bekas sampah botol plastik tersebut harus sudah menjadi biji plastik yang bersih.

Usaha daur ulang sampah plastik ini bisa meningkatkan ekonomi masyarakat setempat, bagi Rutan Karimun tentu bisa menjadi keahlian bagi warga binaan dan menjadi salah satu pekerjaan yang nanti bisa dibawa oleh mereka setelah selesai menjalani hukuman.