Rutan Karimun bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun dalam penyediaan fasilitas penyetaraan pendidikan paket A (SD), B (SMP) dan C (SMA). Sasaran dari penyetaraan ijazah ini adalah warga binaan Rutan Kelas IIB Tanjungbalai Karimun.

Guna memenuhi hak pendidikan bagi warga binaan, Rutan Kelas II B Tanjung Balai Karimun bekerjasama dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Karimun menyiapkan program paket pendidikan untuk para warga binaannya, diantaranya paket A, paket B, paket C dan buta huruf selama menjalani masa tahanan.

Program pendidikan tersebut dipersiapkan untuk menunjang pembinaan para narapidana di kemudian hari. Kesempatan seperti ini jarang didapat dan masih jarang Rutan atau Lapas melaksanakna pendidikan seperti yang dilakukan oleh Rutan Karimun.

Dalam menjalankan program pendidikan untuk para Napi, sebelumnya telah dilaksanakan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Dinas Pendidikan yang mana programnya telah berjalan setahun atau baru dimulai pada November tahun 2013. Sedangkan dalam pelaksanaannnya, setiap paket akan digelar satu kali dalam seminggu.