Mini garden dan pembibitan di areal brand gang dalam upaya pemanfaatn lahan tidur dan latihan pembinaan bagi WBP. Kegiatan Kerja Pertanian / Perkebunan dilaksanakan dilahan Ruan Kelas IIB Tanjungbalai Karimun yang dikerjakan oleh 15 (lima belas) orang Narapidana yang merupakan lulusan dari Pelatihan Pertanian.

Lahan yang digarap adalah lahan kepunyaan Rutan Kelas IIB Tanjungbalai Karimun yang dulunya merupakan lahan tidur seluas 4000 M2, digarap dan diatur sesuai dengan jenis tanaman : Sayur-sayuran, kacang-kacangan, jagung, mentimun, Pepaya.

Beberapa hasil pertanian dan perkebunan dapat dimanfaatkan untuk kebutuhag sehari-hari warga binaan, Kualitas hasil pertanian bersih dan segar. Dalam Rutan produktif, WBP diajarkan bercocok tanam, beternak hingga berkebun agar kelak bisa bermanfaat saat keluar dari Rutan.

Kami ingin mengubah paradigma masyarakat dalam melihat Rutan konsumtif menjadi Rutan produktif, serta menggubah citra warga binaan mereka bisa berkreasi, produktif serta berkontribusi.

Program ini sudah dirancang sejak lama, namu baru bisa direalisasikan saat ini, kami berharap Rutan tidak sekadar memberi ketrampilan tetapi juga sebagai bekal yang mengarah pada pembinaan yang produktif.