Rutan dan Kantor Imigrasi Karimun Deklarasi WBK

Rutankarimun.com – Kepala Kantor Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau Agus Wijaya menjadi saksi Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjung Balai Karimun bersama Rumah Tahanan Kelas II B Tanjung Balai Karimun yang mendeklarasikan janji kinerja tahun 2020 serta mencanangkan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM) di depan kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjung Balai Karimun, Senin ( 17/2/2020).

Kepala Kantor Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau, Agus Wijaya mengatakan, guna menghilangkan prilaku penyalahgunaan wewenang, praktik KKN, diskriminasi dan lemahnya pengawasan, maka dilakukanlah langkah -langkah strategis melalui pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi (WBK) dengan penetapan satuan kerja untuk diusulkan WBK/WBBM.

“Penetapan satuan kerja sebagai WBK dimaksudkan sebagai kompetisi dan menjadi area percontohan penerapan pelaksanaan reformasi birokrasi pada satker di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM,” ungkap Agus Wijaya.

Agus mengatakan bahwa pada tahapan pencanangan dalam menuju WBK dan WBBM ini akan banyak pembenahan pada sarana prasarana, sumber daya manusia dan alur pelayanan publik.

“Harus dioptimalkan. Memang sekarang sudah bagus, akan tetapi tentunya perlu ditingkatkan untuk lebih baik lagi,” katanya.

Agus berharap kepada Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI TBK dan Kepala Rutan Kelas II B TBK beserta jajaran dapat bekerja keras untuk dapat memperoleh predikat WBK dan WBBM seperti yang diharapkan, ia juga meminta dukungan oleh seluruh pihak dalam upaya memperoleh predikat tersebut.

“Saya juga menyampaikan terimakasih dan memohon dukungan kepada pemerintah Kabupaten Karimun serta Forkopimda dan stakeholder lainnya semoga Kantor Imigrasi Kelas II TPI TBK dan Rumah Tahanan Kelas II B TBK dapat memperoleh predikat WBK dan WBBM kedepannya,” pungkas Agus.

Sementara itu, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Tanjung Balai Karimun Darmunansyah mengatakan bahwa pihaknya akan berkomitmen untuk melaksanakan apa yang telah pihaknya canangkan serta deklarasikan.

“Kami bersama jajaran Imigrasi Kelas II Tanjungbalai Karimun telah berkomitmen untuk mewujudkan WBK dan WBBM melalui reformasi birokrasi. Terutama dalam pencegahan korupsi dan peningkatan pelayanan publik. Sejauh ini, kita sudah melakukan beberapa pembenahan, khususnya dalam hal peningkatan pelayanan,” ungkap Darmunansyah

Ada beberapa inovasi pelayanan yang pihaknya lakukan, khususnya dalam memberikan layanan kepada masyarakat saat pengurusan pembuatan paspor. Menurutnya, saat ini dalam sistem pengurusan paspor, pemohon sudah mendapatkan akses lebih mudah dan tidak perlu lagi mengisi formulir pengajuan permohonan paspor.

“Jadi sekarang semuanya dibantu oleh petugas imigrasi, mereka cukup membuat surat pernyataan saja bahwa belum pernah memiliki paspor dan selebihnya akan dibimbing oleh petugas,” Ujarnya.

Kepala Rutan Kelas II B TBK, Dody Naksabani juga tak kalah untuk mengedepankan komitmen untuk mewujudkan WBK dan WBBM bersama jajarannya.

“Khususnya petugas Rutan Karimun kami sama-sama komitmen karena dilihat dari indeks kepuasan masyarakat nilai kami insyaallah bagus, kemudian integritasnya juga bagus, ini ada report terbaru juga dari kantor wilayah. Kami masuk indikator untuk dijadikan WBK, strategi khusus tentunya kami sebagai pelayanan masyarakat, akan melayani dengan baik,” ungkap Dody.

Dody berharap nantinya Rutan Kelas II B TBK dapat naik kelas sehingga pihaknya bisa lebih menjalankan pelayanan semakin baik.

“Besar harapan kami untuk menjadi naik kelas, karena kapasitas kami sudah tidak memadai, kapasitas kami 200 orang, sekarang yang ada sudah lebih dari 400 warga binaan, sudah over kapasitas. Minimal besar harapan kami menjadi Lapas II B,” pungkasnya.

Acara tersebut ditandai dengan penandatanganan piagam pencanangan pembangunan zona integritas dan pakta integritas menuju WBK dan WBBM kepada Kepala Unit Pelaksana Teknis, Kakanwil Kemenkumham serta komitmen bersama antara Kepala UPT dan pejabat struktural.

Acara diakhiri dengan penandatanganan deklarasi janji kinerja tahun 2020 dan pencanangan pembangunan zona integritas menuju WBK dan WBBM.

sumber : beritakarimun.com

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

− 1 = 2