Upacara Peringatan Sumpah Pemuda, Bangun Pemuda Satukan Indonesia

Rutankarimun.com – Kemarin, 28 Oktober 2018 merupakan hari yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia dimana seluruh elemen pemuda dari berbagai daerah yang ada di Indonesia berkumpul, bersatu dan bermusyawarah untuk kepentingan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia hingga mencapai kemerdekaan.

Hari ini, senin (29/10) seluruh pegawai Rutan Karimun melaksanakan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90 sebagai bentuk nyata penghormatan kepada mereka yang telah berjuang untuk Indonesia.

Dalam pelaksanaan upacara yang diikuti oleh seluruh pegawai Rutan Karimun dan Narapidana dimulai dengan laporan komandan upacara bahwa upacara siap untuk dilaksanakan.

Laporan Komandan Upacara (Yudha Utama) kepada Inspektur Upacara (Eri Erawan)

Kemudian dilanjutkan dengan pengibaran bendera merah putih oleh pasukan pengibar bendera yang dilaksanakan oleh CPNS Rutan Karimun (Junaidi, Yoni P dan Arkhan Hanif), pengibaran bendera berlangsung khidmat dengan diiringi lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh Saudari Dwi Wulandari hingga bendera merah putih berkibar.

Petugas Pengibar Bendera, CPNS Rutan Karimun (Junaidi, Arkhan dan Yoni)

Petugas Pengibar Bendera, CPNS Rutan Karimun (Junaidi, Arkhan dan Yoni)

Sedangkan pembacaan Pembukaan Undang-Undang 1945 dan Pembacaan Teks Kongres Pemuda 1982 dibacakan oleh saudara Budi Aswin dan Aizar yang dimulai dengan laporan kepada inspektur upacara, kemudian pembacaan Pembukaan UUD 45 selanjutnya pembacaan Teks Kongres Pemuda.

Pembacaan Pembukaan UUD 1945 (Budi Aswin) dan Teks Kongres Pemuda 1982 (Aizar)

Selanjutnya, sambutan dari Inspektur Upacara yang langsung diambil oleh Kepala Rutan Karimun, Eri Erawan, sebelum memberikan sambutan dengan membacakan sambutan dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Eri melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan Upacara Peringatan Sumpah Pemuda di Rutan Karimun.

Eri Erawan (Kepala Rutan Karimun) Memberikan Sambutan

Eri Erawan (Kepala Rutan Karimun) Memberikan Sambutan

Terima kasih kepada seluruh petugas upacara hari ini dan kepada seluruh pegawai yang mengikuti dengan khidmat, mari kita jadikan momentum peringatan sumpah pemuda ini sebagai pemacu untuk mengisi kemerdekaan, terutama bagi pemuda-pemuda demi kesatuan bangsa kita – imbuhnya.

Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90 di Rutan Karimun diakhiri dengan Do’a.

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

− 2 = 6