Hari Kesaktian Pancasila, Jadikan Pancasila Sebagai Landasan Kerja

Rutankarimun.com – Senin, 1 Oktober 2018 Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Tanjungbalai Karimun melaksanakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang dipimpim langsung oleh Kepala Rutan Karimun, Eri Erawan dan diikuti Pejabat Struktural dan seluruh pegawai.

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini berlangsung dengan khidmat seraya mengenang jasa para Pahlawan Republik Indonesia terkhusus kepada Para Pahlawan Revolusi Indonesia yang telah mempertahankan ideologi bangsa dan mempertahankan kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sekilas mengenai Hari Kesaktian Pancasila merupakan hari yang sangat bersejarah dalam kehidupan bangsa Indonesia. Seperti yang kita tahu, sehari sebelumnya tepatnya 52 tahun yang lalu pada tanggal 31 Oktober 1965, terjadi pemberontakan yang dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia (PKI) yang dipimpin oleh D.N. Aidit.

PKI melakukan penculikan dan pembunuhan terhadap 6 jendral dan 1 perwira TNI Angkatan Darat pada masa itu dan ingin mengubah Ideologi Pancasila menjadi sebuah Ideologi Komunis.

Setelah upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Kepala Rutan Karimun, bapak Eri Erawan juga berpesan kepada seluruh pegawai untuk megutamakan tugas sebagai pelayan masyarakatan dengan memperhatikan nilai-nilai pancasila sesuai dengan tema hari kesaktian pancasila kali ini yaitu “Pancasila Sebagai Landasan Kerja Mencapai Prestasi Bangsa“.

Dengan berlangsungnya upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini, “Semoga dapat menjadi pengingat bagi seluruh keluarga besar Rutan Karimun akan pentingnya Pancasila sebagai landasan dalam pelayanan kepada warga binaan dan keluarganya”, tambahnya.

Kepala Rutan Karimun selaku inspektur upacara dalam rangka peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang dilaksanakan di lapangan Rutan Karimun, Senin (01/10/18) pagi. Selain diikuti segenap pegawai Rutan Karimun, upacara ini juga diikuti oleh warga binaan.

Jalannya upacara diawali dengan mengheningkan cipta dipimpin oleh inspektur upacara, pembacaan teks Pancasila yang diikuti oleh seluruh peserta upacara, pembacaan teks Pembukaan Undang-undang Dasar 1945, pembacaan naskah Ikrar, pembacaan sambutan Menteri Hukum dan HAM RI, menyanyikan lagu bagimu negeri, serta pembacaan naskah doa.

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

5 + 3 =