Selamat Hari Jadi ke-19 Kabupaten Karimun, Semoga Semakin Bersih!

Rutankarimun.com – Hari ini, 12 Oktober 2018 bertepatan dengan hari jadi ke-19 Kabupaten Karimun. Kalau kita menilik sedikit sejarah berdirinya Kabupaten Karimun, Karimun dahulu berada di bawah kekuasaan kerajaan Sriwijaya hingga keruntuhannya pada abad ke-13, dan pada masa itu pengaruh ajaran Hindu dan Buddha mulai masuk ke Pulau Karimun. Hal ini dibuktikan dengan adanya Prasasti yang berada di Pasir Panjang. Pada masa itu disebutkan Karimun sering dilalui oleh kapal-kapal dagang karena letaknya yang strategis di Selat Malaka, hingga pengaruh Kerajaan Malaka mulai masuk pada tahun 1414.

sumber : karimunkab.go.id

Pada Tahun 1511 Malaka jatuh ke tangan Portugis, sejak saat itu banyak rakyat Malaka yang tinggal berpencar di pulau-pulau yang berada di Kepulauan Riau termasuk di Pulau Karimun, Pulau Kundur, Pulau Buru dan sekitarnya. Sejak kejatuhan Malaka dan digantikan perannya oleh Kerajaan Johor, Karimun dijadikan basis kekuatan angkatan laut untuk menentang Portugis sejak masa pemerintahan Sultan Mahmud Syah I (1518-1521) hingga Sultan Ala Jala Abdul Jalil Ri’ayat Syah (1559-1591).

Pada tahun, 1999 berdasarkan UU No.53 Tahun 1999, Kabupaten Kepulauan Riau dimekarkan menjadi 3 Kabupaten yaitu Kepulauan Riau, Karimun dan Natuna, disinilah titik awal Karimun menjadi Kabupaten yang berdiri sendiri yang awalnya terdiri dari 3 kecamatan. Hingga saat ini, wilayah Kabupaten karimun sudah dimekarkan menjadi 12 kecamatan sesuai dengan perda No.2 Tahun 2012.

Rutan Karimun, sebagai salah satu instansi vertikal yang terletak di kabupaten karimun selalu menjaga komunikasi, koordinasi bersama dengan pemerintah kabupaten Karimun untuk menjaga kekompakan dan kerjasama demi mencapai visi dan misi bersama.

Dalam upacara hari jadi Kabupaten Karimun yang dilaksanakan di Coastal Area, Kepala Rutan Karimun, Eri Erawan, Para Pejabat Struktural dan beberapa pegawai yang ditunjuk untuk turut hadir memenuhi undangan dari Kabupaten Karimun. Eri berharap Kabupaten Karimun menjadi lebih baik dan dapat mencapai Motto “Bersih”, Beriman, Sehat, Indah dan Harmonis.

Keluarga besar Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Tanjungbalai Karimun mengucapkan “Selamat Hari jadi yang ke-19 Kabupaten Karimun, semoga kerjasama dan komunikasi yang terjalin selama ini semakin baik”

 

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

67 + = 70