Wisata Psikologis Siswa SMA Sederajat Bersama LMB Kepri di Rutan Karimun dalam Rangka Hari Pendidikan Nasional

Rutankarimun.com – Rutan Karimun telah menjadi media belajar bagi pelajar SMA/SMK Sederajat pada hari Kamis (02/05/19). Sebanyak 53 orang siswa-siswi perwakilan dari sekolah mereka masing-masing melakukan studi lapangan di Rutan Karimun.

Studi lapangan ini diprakarsai oleh Laskar Melayu Bersatu (LMB) DPW Kepulauan Riau bersama Forum Penyelamat Anak Bangsa (FPAB) Kabupaten Karimun, dengan mengusung tema “Narkoba No, Prestasi Yes!” yang bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional, 02 Mei 2019 sebagai hadiah bagi Siswa-Siswi untuk dapat berwisata di Rutan Karimun.

Eri Erawan saat memberikan sambutan pada studi lapangan pelajar SMA sederajat se Kabupaten Karimun

Kepala Rutan Karimun Eri Erawan mengatakan, “Kegiatan ini merupakan kunjungan wisata psikologis bagi pelajar, biar mereka mengetahui bagaimana kehidupan dalam Rutan sehingga mereka tidak berani melakukan pelanggaran.”

Datuk Azman saat memberikan sambutan

Datuk Azman Zainal selaku ketua LMB Kepri juga menyampaikan bahwa pentingnya para pelajar mengetahui bagaiaman kehidupan dalam Rutan, Ia menegaskan bahwa saat ini harus ada penggerak untuk mengurangi kejahatan khususnya yang dilakukan oleh anak-anak.

Kita ini tidak bisa mengurangi kejahatan karena banyaknya orang-orang baik yang diam saja, tidak bergerak, kita harus bergerak. Mereka ini, harus mengetahui bagaimana kondisi kehidupan dalam Rutan, biar mereka sadar jangan mendekati Narkoba, Narkoba No, Prestasi Yes! tambahnya

Selesai mengikuti pengarahan awal, seluruh pelajar mendengarkan presentasi tentang Narkotika yang disampaikan oleh Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan, Yusrifa Arif, SH.

Selanjutnya seluruh pelajar masuk ke dalam Rutan dan melihat kamar-kamar yang ada di dalam, dalam studi lapangan para pelajar dibagi menjadi 2 kelompok. Selama di dalam mereka merasakan bagaimana rasa nasi compreng, melihat kondisi tempat tidur warga binaan dan berinteraksi secara langsung.

Selain merasakan makanan warga binaan, para pelajar juga dibawa melihat proses pembuatan makanan bagi warga binaan yang ada di dalam Rutan.

Di akhir sesi studi lapangan, perwakilan pelajar memberikan testimoni mengenai kegiatan yang mereka ikuti selama lebih kurang 4 jam di dalam Rutan.

Sangat banyak manfaatnya, jadi lebih sadar jangan sampai menyalahgunakan narkoba, ucap salah satu siswi yang memberikan testimoni di depan teman-teman mereka.

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

70 − = 69