Budayakan Warga Binaan untuk Produktif dengan Pemanfaatan Lahan Kosong di Rutan Karimun

Rutankarimun.com – Program pembinaan kemandirian dengan bercocok tanam bagi warga binaan sudah lama berlangsung, ini terlihat dari semangat warga binaan menanam sayuran seperti Sawi, Cabai, Kemangi dan bahkan semangka di halaman blok hunian yang ada di dalam Rutan Karimun.

Adanya lahan kosong yang belum maksimal dimanfaatkan oleh Rutan Karimun sebagai tempat bercocok yang sejalan dengan program pembinaan kemandirian bagi warga binaan yang mempunyai keterampilan dalam bidang bercocok tanam.

Selaku pembina kemandirian, Daeng Antarestu pegawai Rutan Karimun melakukan kegiatan rutin setiap hari mengawasi dan melakukan bimbingan kepada 6 orang warga binaan dalam memanfaatkan lahan kosong yang dulu tidur dan kini telah hijau dengan berbagai tanaman sayur seperti Kangkung, Timun, Cabai, Sawi dan semangka.

Kepala Rutan Karimun, Eri Erawan sangat senang melihat hasil yang kini sudah mulai terlihat, disekeliling Rutan yang dulu hanya ditumbuhi rumput saat ini sudah berubah hijau oleh sayuran.

Kita sangat mengapresiasi dengan apa yang dilakukan pegawai kita Daeng, beliau memang sangat hobi dan “cocok” sebagai pengawas dan pembimbing kegiatan bercocok tanam, pagi-pagi subuh sudah ada beliau melakukan kegiatan menyirami tanaman, sudah kita cari pegawai seperti dia, ucap Eri.

Program ini akan terus dikembangkan, kedepannya pembinaan ini tidak hanya pada cocok tanam saja, tetapi akan dikembangkan dengan program lain seperti ternak ikan disekitar tanaman sayuran tersebut.

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

67 + = 76